Penjelasan mengenai Sniffing | Surabaya Hacker Community



Oke Kali ini saya akan membahas mengenai Jenis-jenis Sniffing dan Cara Kerja Sniffing. Ok tanpa banyak cocot langsung aja ke Materinya.

Apa itu Sniffing?
 
Sniffing adalah tindak kejahatan penyadapan yang dilakukan menggunakan jaringan internet dengan tujuan utama untuk mengambil data dan informasi sensitive secara illegal. Cara kerja sniffing adalah ketika Anda terhubung ke jaringan yang bersifat public, saat Anda melakukan proses transfer data dari client server dan sebaliknya. Karena data yang mengalir pada client dan server yang bersifat bolak-balik, sniffing ini akan menangkap paket-paket yang dikirimkan dengan cara illegal menggunakan tools pembantu.

Sniffing bekerja pada segmen data di layer transport dengan cara menyisipkan program jahat pada computer korban, dimana nanti program jakat tersebut akan melakukan proses sniffing sehingga data-data sensitive yang ada pada koputer korban dapat terbaca oleh sniffer.

Jenis Sniffing


Sniffing dibagi menjadi 2 jenis yaitu:

1. Passive Sniffing

Passive sniffing adalah tindak kejahatan penyadapan dengan tidak merubah isi dari paket data yang dikirimkan antar server dan client. Jadi Anda tidak merasa curiga karena tidak ada tanda-tanda kalau menjadi korban sniffer. Passive sniffing biasanya terjadi pada Hub, karena tugas utama Hub membagikan signal ke semua computer client, berbeda dengan fungsi switch yang memiliki fitur untuk menghindari terjadinya collision atau bentrokan dengan membaca alamat MAC Address computer client. Beberapa tools yang sering digunakan untuk passive sniffing seperti Wireshark, Tcpdump, Kismet, Ettercap, Dsniff dan lain sebagainnya.

2. Active Sniffing

Kebalikan dari passive sniffing, active sniffing adalah tindak kejahatan penyadapan dengan cara mengubah isi paket data dalam jaringan. Tindakan active sniffing yang paling sering dilakukan adalah ARP Poisoning, Man in the middle attack (MITM). Active sniffing ini biasanya dilakukan pada switch jaringan, bukan lagi pada hub.
Tidak hanya pada OSI layer transport saja, sniffing ternyata bisa dilakukan pada layer application dan layer physical. Untuk sniffing pada bagian layer physical biasanya dilakukan dengan cara menyadap jaringan saluran komunikasi secara illegal.

Cara Kerja Paket Sniffing

  


Sniffing cara kerjanya memiliki beberapa tahap sampai paket data yang diambil bisa terbaca, nah apa saja tahapan sniffing itu? Berikut pembahasannya:

1. Collection

Cara kerja paket yang pertama adalah merubah interface dan mulai mengumpulkan semua paket data yang melalui jaringan yang sedang diawasi.

2. Conversion

Cara kerja setelah collection adalah conversion dengan cara merubah data yang sudah di collect berbentuk binary kedalam data yang lebih mudah dipahami.

3. Analysis

Cara kerja ketiga adalah menganalysis data yang sudah dikonversi kedalam blok-blok protokol berdasarkan sumber transmisi data.

4. Pengambilan Data

Cara kerja sniffing yang terakhir setelah semua dilakukan, hacker akan mengambil data tersebut.

Protocol Yang Digunakan Untuk Sniffing

Berikut beberapa protokol jaringan computer yang sering digunakan sniffing gunakan untuk melakukan aksinya, berikut daftarnya :
  • HTTP
HTTP atau Hypertext Transfer Protocol digunakan untuk mengirimkan paket data tanpa adanya enkripsi, sehingga tindakan sniffing bisa dilakukan dengan mudah.
  • SMTP
SMTP atau Simple Mail Transfer Protocol fungsi utamanya untuk transfer email, tetapi masih belum aman dari tindak kejatanan sniffing.
  • NNTP
NNTP atau Network News Transfer Protocol bisa digunakan untuk semua jenis komunikasi, namun kekurangannya setiap paket data yang dikirimkan berbentuk teks yang jelas mudah dibaca sehingga sangat rawan sekali.
  • POP
POP atau Post Office Protocol memiliki fungsi untuk menerima email dari server, protocol ini tidak bisa dijamin aman karena email yang masuk masih memungkinkan untuk disisipi spoofing email.
  • FTP
FTP atau File Transfer Protocol memiliki fungsi untuk mengirim dan menerima file, namun tidak memiliki fitur keamanan sedikitpun. Semua data yang dikirimkan berbentuk teks yang mudah sekali diambil oleh sniffer.
  • IMAP
Nah yang terakhir IMAP atau Internet Message Access Protocol yang fungsinya mirip-mirip dengan SMTP yaitu berhubungan dengan email transfer.
Nah demikianlah pembahasan mengenai apa itu sniffing dan penjelasan selengkapnya. Untuk menghindari terjadinya sniffing, Anda bisa mengamankan website dengan menggunakan layanan Secure Socket Layers atau SSL, SSL memungkinkan untuk mengamankan enkripsi pengiriman dari server ke client dan sebaliknya dengan kekuatan enkripsi 256 bit yang aman dari sniffing.

Terima kasih

 



Komentar

  1. BE YOURSELF AND NEVER SURENDER"
    "SUCCESS FOR YOU JESS NO LIMIT"
    "THE BEST YOUTUBER GAMING"
    "GOOD LUCK JESS"
    Ig UchihaXploiter
    Semoga dapet iPhone😑

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer